Mengenal Arti dan Makna Hari "Sabat"


Sabtu...Shabat, Sabat, Sabt, Saturday.

Sabtu adalah hari ketujuh dalam satu pekan atau minggu. Kata Sabtu diambil dari bahasa Ibrani, sabat ("shabat") atau bahasa Arab (sabt) yang berarti "berhenti bekerja".Selain itu ada lagi kata dalam bahasa Jawa, yaitu tumpek. Di Bali tumpek adalah hari Sabtu Kliwon.

Penggunaan di kalangan umat Yahudi
Hari Sabtu adalah hari istirahat, berheti bekerja, dan hari beribadatnya umat Yahudi. Sabtu adalah hari ke-7 yang diperingati sebagai hari Sabat, hari perhentian Tuhan setelah menciptakan bumi dan seisinya (Alkitab).[1] Hari Sabat dirayakan oleh umat Yahudi sesuai dengan perintah Taurat dalam Keluaran 20:8-11. Orang Yahudi percaya, bahwa perhitungan hari Sabat tiap minggu ini tidak pernah terputus sejak dunia diciptakan.

Penggunaan di kalangan umat Kristen
Sejak hari Paskah pertama orang Kristen menyelenggarakan kebaktiannya pada hari Minggu untuk merayakan kebangkitan Yesus Kristus. Hal ini dinyatakan dalam Kisah Para Rasul 20:7:"Pada hari pertama dalam minggu itu, ketika kami berkumpul untuk memecah-mecahkan roti, Paulus berbicara dengan saudara-saudara di situ, karena ia bermaksud untuk berangkat pada keesokan harinya. Pembicaraan itu berlangsung sampai tengah malam."Namun beberapa denominasi Kristen mempertahankan hari Sabtu, karena meyakini Taurat masih berlaku penuh dalam kehidupan orang Kristen. Denominasi-denominasi itu antara lain Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, Gereja Yesus Sejati, Baptis Hari Ketujuh, United Church of God , an International Association, Messianic Judaism (Yahudi yang percaya bahwa Yesus adalah Mesias Yahudi/Tuhan), Gereja Ortodoks Ethiopia Tewahedo, dan Gereja Jemaat Allah Global Indonesia (Gereja Unitarian Indonesia). Begitu juga Saksi-saksi Yehuwa mengadakan kebaktiannya pada hari Sabtu.

Penggunaan di kalangan umat Islam
Rasullullah SAW menjawab, hari sabtu adalah hari tipu daya, kerena bangsa Quraisy telah melakukan tipu daya. kaum nuh melakukan tipu daya terhadap nabi nuh a.s.kaum isa melakukan tipu daya terhadap nabi isa a.s.dan dalam Al Qur'an atau Al Hadits, mungkin hanya ada 6 ayat yang membicarakan tentang sabt (sabtu).ayat-ayat itu pun hanya sebagian dari cerita jaman² terdahulu.

Penggunaan di kalangan Global
Dewasanya hari sabtu di kalangan global diartikan sebagai hari libur, hari dimana ditiadakannya urusan kerja, sekolah, dan kegiatan sehari-hari yang melelahkan. mereka biasanya meluangkan waktu di hari sabtu untuk berkumpul bersama keluarga, teman, pacar, dan orang² disekitarnya untuk saling bersenda gurau, silaturahmi dan rekreasi.

Namun tidak sepenuhnya seperti itu, konon masih banyak golongan masyarakat yang masih sekolah, bekerja, dan melakukan aktifitas rutin mereka di hari sabtu. jadi masing² daerah mempunyai cara tersendiri untuk menjalani hari sabtu tsb. bergantung pada kebutuhan, dan budaya setempat.

Penggunaan di kalangan Muda Mudi
Hari sabtu atau biasa yang dikenal dengan Malam Minggu adalah malam yang panjang, malam yang asyik buat pacaran. mungkin begitu kata para muda mudi yang sedang dilanda asmara, terutama di Indonesia. mereka biasa menghabiskan hari sabtu sebagai hari memadu kasih antar pasangan.di jalanan, di pusat perbelanjaan, di bioskop, di cafe, di restaurant, dan hampir di semua fasilitas umum yang tersedia dijadikan tempat untuk saling berbagi satu sama lain. jadi hari sabtu adalah hari dimana ditiadakannya aktifitas bekerja, hari ini dijadikan sebagai hari libur untuk mengistirahatkan pikiran bersama orang-orang terdekat.

dengan adanya tambahan informasi yang gue berikan tadi, semoga dapat menambah pengetahuan teman-teman sekalian.

Salam,

adafiagha (DfD)

0 komentar:

Posting Komentar