Asal Mula Sejarah Kopi


Ada yang belum kenal kopi?
tentunya sebagian besar masyarakat dunia sudah akrab dengan nama minuman yang "bertenaga" ini.
minuman tradisional yang mengandung kekuatan ini telah dicatat pada abad ke-9.

Namun, sebelum kita membahas asal mula sejarah kopi, ada baiknya kita mengenal dan mengerti tentang arti dan makna dari kopi itu sendiri. kata kopi sediri awalnya berasal dari bahasa arab yaitu qohwah yang artinya kekuatan, karena pada awalnya kopi merupakan minuman yang berenergi tinggi.

Kata qohwah sendiri mengalami perubahan di negara-negara lain, kalau di Turki menjadi kahveh, kemudian di Belanda dikenal dengan Koffie dan di Indonesia sendiri dinamakan kopi.

Beralih ke asal mula sejarah kopi di temukan, kopi berasal dari tanaman biji-bijian yang ditemukan pertama kali di negara Ethiopia Afrika. pada waktu itu seorang penggembala kambing melihat kambing ternaknya memakan biji kopi dari tanaman tersebut, di Ethiopia pohon ini banyak ditanam. setelah memakan biji kopi tersebut sang gembala menyadari bahwa hewan ternaknya menjadi lebih kuat dan bertenaga. ia pun mencoba memakan biji kopi dan mendapatkan reaksi yang serupa.

Namun, penyebaran kopi justru berasal dari bangsa Arab yang pada saat itu sedang melewati Benua Afrika untuk meluaskan perdagangannya. lalu tanaman kopi dibawa oleh para saudagar Arab ke Arab melewati Laut merah. dan semenjak saat itu kopi menjadi menjadi minuman yang spesial di Arab. kemudian tanaman kopi mulai menyebar ke Turki dan Eropa serta Benua Lainnya di Dunia.



Awalnya Ottoman Turki memperkenalkan di Konstantinopel dan kemudian membuka kedai kopi tertua di Dunia yaitu Kiva Han. dahulu belum ada kopi instan seperti sekarang ini, mereka menggunakan biji kopi kemudian direbus untuk diminum, ada pula yang diambil sarinya.

Setelah kita tau asal mula kopi, mari kita mengenal jenis-jenis kopi utama yang sering kita temui yaitu kopi arabika dan kopi robusta.


Kopi Arabika merupakan tipe kopi tradisional dengan cita rasa terbaik. sebagian besar kopi yang ada di Dunia menggunakan kopi jenis ini. kopi ini sering ditemui di daerah Amerika Latin, Afrika Tengah, Afrika Timur, India dan Indonesia. secara umum, kopi ini tumbuh di negara-negara beriklim tropis atau subtropis. biji kopi yang dihasilkan berukuran cukup kecil dan berwarna hijau hingga merah gelap.

Setelah kopi Arabika, jenis kopi kelas 2 adalah Robusta. kopi robusta pertama kali ditemukan di Kongo pada Tahun 1989. kopi robusta dapat dikatakan sebagai kopi kopi kelas 2 karena rasanya yang lebih pahit, sedikit asam, dan mengandung kafein dalam kadar yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan kopi Arabika.

Biji kopi Robusta dapat tumbuh di tempat-tempat dengan ketinggian rendah, berbeda dengan kopi Arabika yang harus hidup di ketinggian tertentu. kopi ini juga lebih tahan hama, hal ini menjadikan kopi Robusta lebih murah. kopi Robusta banyak ditumbuhkan di Afrika Barat, Afrika Tengah, Asia Tenggara dan Amerika Selatan. 

Sumber : Wikipedia dan berbagai sumber.


adafiagha (DfD)

0 komentar:

Posting Komentar